29 October 2018

10 Channel Youtube Edukasi Indonesia yang Bikin Otak Kamu Makin Encer

Image: youtube.com
Image - youtube.com

Youtube merupakan salah satu produk milik Google yang merupakan sebuah situs web berbagi video. Youtube sendiri pertama kali dibuat oleh 3 mantan karyawan Paypal pada Februari 2005. Kemudian pada November 2006, Youtube dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Di Youtube memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Pengguna yang tidak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak channel yang memiliki subscriber terbanyak. Namun channel tersebut merupakan channel hiburan, dan tidak ada channel edukasi. Dan mirisnya lagi, ada beberapa channel Youtube yang kontennya tidak jelas dan banyak menggunakan kata yang tidak pantas di dalam videonya malah jadi viral dan lebih banyak peminatnya dibanding channel edukasi.

Berikut adalah 10 channel Youtube di Indonesia dengan Subscriber terbanyak.

Image: saintif.com

Sobat bisa lihat sendiri bukan? Ya, rata-rata channel di atas merupakan channel hiburan dan tidak ada channel edukasi. Jika channel edukasi tidak masuk ke daftar tersebut, bukan berarti channel edukasi di Indonesia memiliki konten yang kurang bagus. Hampir rata-rata channel edukasi di Indonesia memiliki konten yang sangat bagus, namun hanya sepi peminatnya dan juga kalah populer dibanding dengan channel hiburan.

Memang, Youtube itu tempat berbagi video dan wajar jika isinya lebih banyak konten hiburan. Karena memang itulah yang menjual. 

Akan tetapi, tidak semua orang hanya ingin menonton video hanya untuk hiburan semata-mata. Ada juga orang yang ingin menambah pengetahuannya lewat video edukasi yang santai dan menghibur, seperti 10 channel edukasi berikut ini. Dilansir dari saintif.com, simak ulasannya berikut ini!

10 Channel Youtube Edukasi yang Bikin Otak Kamu Makin Encer



1. Kok Bisa? (1 Juta Subscriber)
Image: Youtube - Kok Bisa?

"Kok Bisa?" bisa dibilang bapaknya channel edukasi di Indonesia. Kenapa? Karena channel ini merupakan pelopor channel edukasi di Indonesia. Dalam konten videonya, "Kok Bisa?" menggunakan graphic motion untuk menjelaskan pertanyaan dan konsep sains yang rumit secara kontekstual dan lebih mudah dipahami.

Selain itu, topik yang diangkat pun sangat menarik. Mulai dari membahas hal ringan seperti “Kenapa makanan pokok kita nasi?” sampai topik berat macam “Apa itu black hole?” yang dikemas secara sederhana. Jika sobat menonton video di channel ini, sobat akan selalu ditemani dengan si bakso, yang akan menambah pengetahuan sekaligus menghibur sobat.


2. Quipper (200 Ribu Subscriber)
Image: Youtube - Quipper

Quipper merupakan media belajar online berbayar yang ditujukan untuk siswa sekolah, dengan menyediakan materi, video pembelajaran dan juga latihan soal. Namun jika sobat mengecek video di channel Youtube milik Quipper, sobat bisa mendapatkan beberapa video pembelajaran penting ala Quipper sesuai kurikulum sekolah.


3. Sains Bro (69 Ribu Subscriber)
Image: Youtube - Sains Bro

Sains Bro adalah channel edukasi Indonesia yang membantu menjelaskan berbagai hal tentang SAINS dengan menyenangkan dan sederhana agar mudah dipahami.

Gaya penjelasannya menarik, dengan konsep video whiteboard yang bagus macam minute physics atau ASAPscience.


4. Kamu Harus Tahu! (67 Ribu Subscriber)
Image: khtchannel.wordpress.com

"Kamu Harus Tahu!" merupakan channel edukasi yang menyajikan berbagai informasi dan pengetahuan dalam bentuk animasi.

Kurang lebih konsepya serupa dengan "Kok Bisa?", dengan sentuhan yang berbeda bersama karakter Joni yang selalu ingin tahu.


5. Arsypedia (64 Ribu Subscriber)
Image: Youtube - Arsypedia

Arsypedia adalah Channel Youtube edukasi produksi Artnat Studio yang memadukan antara unsur pendidikan, hiburan, humor, dan animasi secara bersamaan.

Serupa dengan Kok Bisa dan Kamu Harus Tahu, Arsypedia memberikan konten pengetahuan menarik dalam bentuk animasi dua dimensi, bersama karakter Arsy dan salam tahu bulat nya.


6. Yeiy Animation (49 Ribu Subscriber)
Image: Youtube - Yeiy Animation

Sobat punya adik yang masih kecil? Liatin channel youtube ini buat dia deh, pasti asik.

Yeiy Animation studio menghadirkan serial animasi yang akan mewarnai hiburan anak-anak. Berisikan animasi pembelajaran ceria dan menyenangkan dari Teman Kecil yang sangat mendidik untuk adik-adik kecil.


7. Zenius Education (78 Ribu Subscriber)
Image: Youtube - Zenius Education

Siapa yang tidak kenal Zenius? Ya, Zenius adalah tempat belajar online yang bisa bikin sobat makin cerdas dan ketagihan belajar. Sama seperti Quipper, Zenius merupakan media belajar online berbayar. Namun bedanya, Zenius lebih berfokus pada siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN favoritnya. Banyak murid-murid dari Zenius yang berhasil lolos SBMPTN dari tahun ke tahun.

Di channel youtube nya, mereka menyediakan banyak konten video pembelajaran yang tidak cuma sekedar ngasih materi, tapi ngajarin sampai sobat benar-benar paham Selain itu, juga ada video edukasi dan motivasi lainnya yang bener-bener keren!


8. Hujan Tanda Tanya (136 Ribu Subscriber)
Image: Youtube - Hujan Tanda Tanya

Hujan Tanda Tanya merupakan channel yang menyajikan pemikiran seputar sains, teknologi dan masyarakat yang dikemas dengan ringan. Channel ini mencoba membahas pertanyaan-pertanyaan random yang terkadang membuat kita tidak bisa tidur di malam hari.

Channel ini dikelola oleh sekelompok pemuda diaspora yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada sains dan teknologi.


9. Ayo Mikir (64 Ribu Subscriber)
Image: Youtube - Ayo Mikir

Ayo Mikir adalah channel edukasi yang bertujuan untuk memperluas jangkauan edukasi di Indonesia, berisi tentang segala macam ilmu pengetahuan mulai dari psikologi hingga astronomi.

Penyampaiannya menarik dengan gambar warna-warni macam ASAPscience dan Minutephysics.


10. Yufid EDU (65 Ribu Subscriber)
Image: Youtube - Yufid EDU

YufidEDU menyajikan video edukasi islam dan sains. Di video sainsnya, sobat bisa belajar banyak tentang matematika dan fisika bersama Kak Andy Octavian Latief, yang merupakan peraih medali emas IPhO (International Physics Olympiad) 2006.

Nah, itulah 10 Channel Youtube Edukasi yang Bikin Otak Kamu Makin Encer. Gimana? Apakah sobat sudah melihat salah satu channel di atas? Jika belum, buruan lihat dan tonton videonya. Dijamin, sobat tidak akan bosan dengan konten-konten yang disediakan oleh 10 channel edukasi di atas.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon