22 November 2018

6 Fungsi Tombol Windows Di Keyboard yang Jarang Diketahui Orang Banyak

6 Fungsi Tombol Windows Di Keyboard yang Jarang Diketahui Orang Banyak
Image: brilio.net

Windows merupakan sistem operasi komputer yang sangat populer hingga saat ini. Sistem operasi besutan Microsoft ini sudah beberapa mengalami perubahan (upgrade) dan versi terbarunya adalah Windows 10. 

Jika sobat merupakan pengguna Windows, pastinya sobat tidak asing lagi dengan tombol yang satu ini. Ya, di setiap keyboard pastinya akan ada logo windows ini (kecuali laptop/ notebook yang tidak menggunakan sistem operasi Windows). Namun banyak orang yang belum mengetahui, apa itu fungsi sebenarnya dari tombol windows ini. Kira-kira apa aja sih fungsinya? Simak ulasannya berikut ini!

Fungsi Tombol Windows Di Keyboard


1. Mengunci Layar Komputer

1. Mengunci Layar Komputer
Image: superuser.com

Jika sobat mau meninggalkan meja sebentar, sobat bisa menekan tombol Windows + L. Dengan begini layar sobat akan terkunci dengan sendirinya dan tidak perlu khawatir ada orang yang menyalahgunakan komputer sobat.

2. Membuka File Explorer

2. Membuka File Explorer
Image: drivereasy.com

Ketika mau mencari dokumen, orang biasanya akan membuka "File Explorer". Bagi professional, dia akan menekan tombol Windows + E dan sobat akan langsung masuk ke File Explorer. Shortkey ini sangat berfungsi ketika sobat sedang terburu-buru untuk mengerjakan ataupun mengcopy suatu file.

3. Pindah Ke Mode Dekstop

3. Pindah Ke Mode Dekstop
Image: windowscentral.com

Bos sobat datang ketika sobat sedang main game? Jangan panik! Sobat tinggal tekan Windows + D dan otomatis tampilan game tadi akan berpindah ke mode dekstop.

4. Merekam Tanpa Bantuan Software Pihak  Ketiga

4. Merekam Tanpa Bantuan Software Pihak  Ketiga

Biasanya, kebanyakan orang ketika ingin merekam kegiatan di dalam dekstop, mereka akan menggunakan software pihak ketiga. Selain merepotkan, tentu hal tersebut membuang-buang kuota internet, apalagi jika ukuran softwarenya lumayan besar. Jika sobat menekan Windows + R dan mengetik "psr.exe", otomatis akan muncul software perekam di dalam windows.

5. Keyboard Virtual

5. Keyboard Virtual

Sebenarnya trik yang satu ini hanya berlaku jika laptop/ komputer sobat support dengan touchscreen. Namun jika sobat mau mencobanya juga bisa, tetapi tidak terlalu berguna, hehehe. Tekan Windows + R kemudian ketik "osk" maka secara otomatis akan muncul sebuah keyboard virtual di dalam dekstop.

6. Zoom In/ Out Di Dekstop

6. Zoom In/ Out Di Dekstop

Jika sobat sedang mengerjakan/ membaca sesuatu akan tetapi tulisannya terlalu kecil sehingga sobat tidak dapat membacanya, sobat bisa menekan tombol Windows ditambah "+" (Zoom In) atau Windows ditambah "-" (Zoom Out) dan kaca pembesar akan muncul di dekstop. Untuk fitur zoom ini hanya berlaku kelipatan 100 dan tidak bisa diatur sesuai kemauan sobat. 

Nah, itulah 6 Fungsi Tombol Windows Di Keyboard yang Jarang Diketahui Orang Banyak. Apakah kamu sudah mengetahui ke-enam fungsi tersebut? Atau kamu mengetahui lebih banyak fungsinya lagi selain di atas? Sobat bisa menambahkannnya di kolom komentar.

(mafalaz.com)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon