12 February 2017

Kenapa Android Selalu Berurutan Menggunakan Nama Makanan Manis?

Kenapa Android Selalu Berurutan Menggunakan Nama Makanan Manis?

Kenapa Android Selalu Berurutan Menggunakan Nama Makanan Manis? - Sobat pengguna Android? Jika iya, pasti sobat sudah hafal dengan nama-nama dari sistem operasi Android. Mulai dari Cupcake hingga sekarang, yaitu Nougat. Namun, sobat pernah penasaran nggak sih, apa alasan Google menamai masing-masing versi sistem operasi Android menggunakan nama makanan manis?

Nah, pada artikel kali ini, rasa penasaran sobat pasti akan terobati ketika sudah selesai membaca artikelnya. Maka dari itu, simak ulasannya berikut ini ya!

Mulai dari Nama-Nama Android 

Nama-Nama Android

Dari Cupcake hingga sekarang Nougat, semua versi Android menggunakan nama makanan manis. Terkecuali A dan B, Google menggunakan nama-nama makanan untuk setiap versi dari sistem operasi Android.

Jean Baptiste Queru

Lalu, kenapa A dan B tidak menggunakan nama makanan? Menurut Jean Baptiste Queru yang merupakan salah satu pengembang Android, versi Android 1.0 tidak memiliki kode nama sama sekali. Kecuali versi 1.1 diberikan kode nama Petit Four yang tidak berurutan secara alfabetis.

Alasan Google Menggunakan Nama Makanan Manis Di Setiap Versi Android

Dari versi Android Cupcake sampai Android Nougat, semuanya menggunakan nama makanan yang manis. Kenapa sih, Google menggunakan nama makanan penutup untuk semua nama versi Androidnya? Ini adalah rahasia dapur Google.
Versi Android
Kode Nama
Rilis
Android 1.5
Cupcake
April 2009
Android 1.6
Donut
September 2009
Android 2.0
Eclair
Oktober 2009
Android 2.2
Froyo (Frozen Yoghurt)
Mei 2010
Android 2.3
Gingerbread
Desember 2010
Android 3.0
Honeycomb
Februari 2011
Android 4.0
Ice Cream Sandwich
Oktober 2011
Android 4.1
Jelly Bean
Agustus 2012
Android 4.0
Ice Cream Sandwich
Oktober 2011
Android 4.4
KitKat
September 2013
Android 5.0
Lollipop
November 2014
Android 6.0
Marshmallow
Oktober 2015
Android 7.0
Nougat
Agustus 2016
Namun, saat perilisan Android KitKat, Google sempat memberikan pernyataan. Kabarnya alasan KitKat jadi nama Android 4.4 karena pada saat itu teknisi Android yang mengembangkan Android 4.4 hingga larut malam selalu mengambil KitKat sebagai cemilan.

Kenapa Google tidak menggunakan nama hewan seperti Apple yang menamai MacOS-nya ya? Mungkin karena Google ingin para teknisi merasakan manisnya kesuksesan dari setiap sistem operasi yang berhasil mereka kembangkan. Itulah gunanya makanan pencuci mulut, bukan?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon