28 January 2017

Cara Membuat Desain Grafis Online Serta Gratis


Cara Membuat Desain Grafis Online serta Gratis - Untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin dalam suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar, maka desain grafis adalah jawabannya. Desain grafis termasuk dalam desain komunikasi dan fine art. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil dari simpulan simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

Ada banyak software diluar sana yang dapat membuat desain grafis, dan salah satunya yang paling banyak digunakan adalah Photoshop.

Photoshop banyak digunakan jika ada suatu situs yang menyediakan versi bajakannya. Selain tidak aman, software bajakan juga dapat merusak sistem komputer sobat. Jika sobat ingin memakainya secara aman, maka sobat harus membelinya secara original. Namun, harga original dari software Photoshop itu sendiri tidaklah murah.

Lalu, bagaimana solusinya? Solusinya adalah menggunakan software desain grafis online gratis yang bernama Canva. Canva bisa jadi software desain grafis alternatif selain Photoshop. Pasalnya tools online ini mempunyai kualits yang tidak kalah dengan Photoshop dan penggunaannya pun cukup mudah. Namun, Canva juga berbayar apabila sobat menggunakan salah satu desain yang ada harganya. Rata-rata harganya 1 USD.

Desain Canva yang Berbayar

Tetapi, menurut saya hal ini tidak mengurangi keinginan sobat untuk mendesain. Kenapa? Karena desain yang berbayar di Canva, tetap dapat bisa dipakai oleh sobat. Tetapi, akan ada watermark Canva didesain berbayar tersebut.

Watermark Canva

Bagaimana? Mundur atau tetap ingin mencoba?

Jika ingin mencoba langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Desain Grafis Online serta Gratis
  • Kunjungi situs Canva
  • Buat akun terlebih dahulu, atau sobat bisa masuk menggunakan akun sosial media milik sobat.
  • Setelah masuk, sobat sudah bisa membuat desain grafis dengan cara klik pada Gunakan dimensi khusus yang terletak di pojok kanan atas.

Gunakan dimensi khusus di Canva

  • Masukkan ukuran lebar dan tinggi sesuai kebutuhan sobat, kemudian klik Desain

Ukuran Desain di Canva

  • Nah, sekarang sobat sudah bisa membuat desain grafis dengan cara menggunakan tool-tool yang ada di samping kiri Canva
  • Untuk memudahkan sobat dalam mencari bentuk desain di Canva, sobat bisa menggunakan menu pencarian yang terletak di pojok kiri atas dan keywordnya harus menggunakan bahasa Inggris. Misalnya sobat ingin mencari desain bentuk Buku. Maka, sobat harus menulis Book di kolom pencarian.

Menu Pencarian di Canva

  • Jika sobat sudah selesai dalam membuat desain grafis, sobat bisa mengunduhnya dengan cara klik Unduh yang terletak di bagian atas Canva.

Cara Download Gambar di Canva

  • Kemudian, pilih format gambar yang sobat sukai, lalu pilih Unduh.

Format Gambar di Canva

  • Tunggu sebentar, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Proses Download di Canva

  • Apabila desain grafis sobat ada yang menggunakan desain berbayar, sobat bisa mengunduh versi draf watermarknya supaya gratis. Caranya klik unduh, kemudian akan muncul tampilan menu pembayaran, lalu klik Unduh draf watermark di pojok kanan atas.

Unduh Versi Draf Watermark Supaya Gratis di Canva

  • Voila, desain grafis sobat sudah bisa digunakan untuk keperluan sobat sendiri.
Saya sendiri membuat desain grafis menggunakan Canva bertujuan untuk memperbarui tampilan Fanspage Facebook  (https://www.facebook.com/cariajainfo) yang digunakan oleh blog saya ini.



Jangan lupa ya sobat, Like FP blog cariaja-di.blogspot.com.

Itulah Cara Membuat Desain Grafis Online serta Gratis dari saya. Jika sobat mengalami kesulitan dalam melakukan langkah-langkah di atas, sobat bisa bertanya di kolom komentar.

Artikel Terkait

5 komentar

wah lumayan gan gambarnya bisa ane pake di powerpoint hehe makasih

lumayan berat gan website buat bikin desain onlinennya

bisa ditaruh ke web gk ya hasil gambar nya?

yang gak bisa pakai photoshop,, bisa pakai canvaa


EmoticonEmoticon